Kamis, 13 April 2017

PENGANTAR INKSCAPE


         1.      Definisi inkscape dan fungsinya
Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas di bawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.

Inkscape bersifat cross-platform dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya di bawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung di bawah Quartz), sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.
Inkscape sendiri dimulai pada tahun 2003 sebagai garpu kode proyek Sodipodi. Sodipodi, dikembangkan sejak tahun 1999, itu sendiri didasarkan pada Raph Levien Gill (Gnome Application Ilustrasi).
Garpu dipimpin oleh tim dari empat mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengidentifikasi perbedaan atas tujuan proyek, keterbukaan untuk pihak ketiga kontribusi, dan ketidaksepakatan teknis sebagai alasan mereka untuk forking. Dengan Inkscape, mereka mengatakan mereka akan memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG lengkap, sedangkan Sodipodi pengembangan menekankan menciptakan tujuan umum vektor editor grafis, mungkin dengan mengorbankan SVG.
Sejak tahun 2005, Inkscape telah berpartisipasi dalam Program Google Summer of Code. Sampai akhir November 2007, sistem pelacakan bug Inkscape yang diselenggarakan di Sourceforge. Setelah itu dipindahkan ke Launchpad.
Salah satu prioritas utama dari proyek Inkscape ini adalah antarmuka konsistensi dan kegunaan. Ini termasuk upaya untuk mengikuti pedoman GNOME antarmuka Manusia, aksesibilitas keyboard universal, dan nyaman di kanvas editing. Inkscape telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam kegunaan sejak proyek dimulai.
Jumlah kotak dialog mengambang telah berkurang, dengan fungsi yang tersedia dengan menggunakan cara pintas keyboard atau di toolbar tersedia pada jendela pengeditan. Kontrol tool bar di bagian atas jendela selalu menampilkan kontrol yang relevan dengan alat saat ini.

Semua transformasi vektor, skala, rotasi dan posisi memiliki cara cepat yaitu dengan pengubah yang konsisten, misalnya, Alt mengubah oleh 1 pixel screen pada saat zoom, Shift mengalikan transformasi dengan 10, dll), tombol ini bekerja pada node di Node tool serta pada objek dalam Selector Tool. Operasi yang paling umum (seperti transformasi, zooming, z-order) memiliki satu-tombol pintas yang mudah.
Setiap objek dalam gambar dapat dikenakan transformasi secara acak misalnya bergerak, berputar, scaling, skewing dan matriks. Parameter transformasi dapat juga ditentukan secara numerik melalui dialog Transform. Transformasi dapat di letakkan ke sudut, kotak, pedoman dan node dari objek lain. Grids, panduan dan sifat gertakan didefinisikan pada basis per-dokumen. Sebagai alternatif, sebuah Align dan dialog yang telah disediakan dapat melakukan tugas-tugas penyelarasan umum pada objek yang dipilih misalnya garis mereka dalam arah yang ditentukan, ruang mereka sama, menyerakkan mereka secara acak dan menghapus tumpang tindih antara objek.
Obyek dapat juga dapat dikelompokkan bersama. Kelompok benda berperilaku dalam banyak hal seperti objek “atom” misalnya, mereka dapat kloning atau diberi warna menggunakan cat. Benda yang membentuk kelompok dapat diedit tanpa harus ungroup terlebih dahulu, melalui perintah Enter Kelompok, yaitu kelompok yang kemudian dapat diedit seperti lapisan sementara. Z-urutan benda dapat dikelola baik dengan menggunakan lapisan, atau secara manual memindahkan objek ke atas dan ke bawah dalam tumpukan Z. Lapisan dapat dikunci atau disembunyikan, mencegah memodifikasi dan seleksi disengaja.
Sebuah alat khusus, membuat Klon Ubin misalnya, disediakan untuk membuat gambar simetris atau grid-seperti menggunakan simetri pesawat. Obyek dapat dipotong, disalin dan disisipkan menggunakan clipboard. Namun, pada versi 0.46, Inkscape menggunakan variabel internal daripada clipboard sistem, yang membatasi operasi copy dan paste ke salah satu contoh aplikasi. Obyek dapat disalin antara dokumen dengan membuka mereka dari menu File di jendela sudah dibuka, bukan dengan membuka file kedua dari shell sistem operasi.
2.     Bagian bagian pada inkscape
1.      Menu Bar
Menu bar berisi menu-menu untuk mengelola dokumen secara umum, seperti File →  Save untuk menyimpan dokumen dan File → Print untuk mencetak dokumen.


2.      Commands Bar
Commands bar berisi ikon-ikon yang merupakan shortcut untuk perintah-perintah pokok seperti print, open, save, dan sebagainya.


3.      Tool Controls Bar
Tool Controls Bar berisi ikon-ikon untuk memodifikasi objek, misalnya memutar dan
 mengatur ukuran atau tata letak urutan objek.


4.      Ruler
Ruler atau penggaris berfungsi untuk melihat dan memperkirakan ukuran gambar dalam satuan pixels.


5.      Scroll bar
Scrollbars berguna untuk menggulung layar dokumen atas-bawah dan kiri-kanan.


6.      Lembar Kerja
Lembar kerja merupakan tempat untuk meletakkan objek yang Anda buat.
7.      Palette

Palette berisi warna-warna yang dapat Anda gunakan untuk mewarnai objek. Bila Anda mengklik objek, kemudian mengklik warna yang Anda inginkan di Palette, maka warna objek tersebut akan berubah.



8.      Status Bar
Status bar dapat Anda gunakan untuk melihat status dokumen Inkscape yang sedang Anda buat. Pada Status bar tercantum informasi-informasi seperti warna objek dan posisi objek bila dilihat pada ukuran di ruler. Status bar dapat juga Anda gunakan untuk zooming (memperbesar-memperkecil) tampilan dokumen.
9.      Tool box
Toolbox berisi tool-tool yang sangat berguna dalam proses perencanaan dan perancangan suatu desain.


a.       Select and transform object
Memilih, mengubah ukuran, memutar, dan menggeser objek.


b.        Edit paths
Mengubah posisi titik node suatu objek hingga objek berubah bentuk.


c.       Tweak object
Mengubah bentuk objek dengan menarik bagian isi (fill) objek.
                       

d.       Zoom
Memperbesar atau memperkecil ukuran tampilan dokumen.


e.       Rectangle and Square
Menggambar bentuk objek kotak.


f.        3D Boxes                    
Menggambar bentuk objek kotak 3 dimensi.


g.       Circle, ellipses, and arcs
Menggambar bentuk objek lingkaran, setengah lingkaran.


h.       Stars and polygons
Menggambar bentuk objek bintang dan persegi banyak.


i.         Spirals
Menggambar bentuk objek spiral.

j.         Freehand lines
Menggambar bentuk objek bebas seperti menggambar dengan pensil.


k.       Bezier curves and straight lines
Menggambar bentuk objek dengan garis-garis yang saling terhubung.



l.         Calligraphic or brush strokes
Menggambar brntuk objek dengan efek highlight


m.     Text
Membuat teks/tulisan.



n.       Spray
Membuat duplikasi (mengkopi) objek yang disemprot


o.       Erase
Menghapus objek.


p.       Fill bounded areas
Memberikan warna ke isi objek.


q.       Gradients
Memberikan efek warna gradasi (perpaduan warna) ke isi objek.

r.        Pick colors from image
Mengambil warna-warna tertentu dari suatu gambar yang nantinya digunakan untuk memberi warna ke isi objek.


s.       Diagram connectors
Membuat garis penghubung dari satu objek ke objek lain.

Senin, 13 Maret 2017

PENGENALAN DESAIN GRAFIS DAN ANIMASI

Definisi Desain Grafis dan Animasi
Definisi Desain Grafis :
  • Menurut Jessica Helfand : merupakan kombinasi komplek kata2 dan gambar, angka2 dan grafik, foto dan ilustrasi yg membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen ini sehingga sesuatu yg khusus, mengejutkan atau sesuatu yang mudah diingat.
  • Menurut Suyanto : aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri.
  • Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis terapan yg memberi kebebasan pada desainer untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.

Definisi Animasi :
·        Animasi adalah ilusi adanya gerakan yang dicapai dengan menampilkan sederatan gambar secara tepat yang memiliki sedikit perbedaan antara yang satu dengan yang lain (Buletin info teknologi, edisi september, jakarta, apkomindo hal 30)
·        Animasi adalah seni yang memberikan penglihatan gerakan dari suatu obyek yang tidak bergerak (Hallas, John & Roger Manvell, 1971. The technique of film animation, London: The Local Press)

Definisi dari Pixel, Resolusi, Garis, Kurva, Hue

Ø  Pixel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuahgambar grafis yang dihitung per inci. Pixel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element  yang disingkat menjadi Pixel. Pada ujung tertinggi skala resolusi, mesincetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2.500titik per inci denga pilihan 16 juta warna lebih untuk setiap inci, dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi.
Ø  Monitor atau layar datar yang sering kita temui terdiri dari ribuan pixel yang terbagidalam baris-baris dan kolom-kolom. Jumlah pixel yang terdapat dalam sebuah monitor dapat kita ketahui dari resolusinya. Resolusi maksimum yang disediakan oleh monitor adalah 1024x768, maka jumlah pixel yang ada dalam layar monitor tersebut adalah 786432 pixel. Semakin tinggi jumlah pixel yang tersedia dalam monitor, semakin tajamgambar yang mampu ditampilkan oleh monitor tersebut.
Ø  Resolusi adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan jumlah titik atau pixel yang digunakan untuk menampilkan suatu gambar. Resolusi yang semakin tinggi berarti semakin banyak pixel yang digunakan untuk menyusun suatu gambar & sehingga gambar dapat menjadi lebih jelas dan tajam.
Ø  Garis (Line) Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poindengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung(curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.
Ø  Kurva atau disebut juga dengan lengkungan adalah bentuk geometri satu dimensi yang dapat terletak pada bidang atau ruang.
Ø  Hue, adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan nama darisuatu warna, seperti merah, biru, hijau dsb.

Contoh Software untuk Membuat Desain Grafis dan Animasi

Desain Grafis

  1. Adobe illustrator
Adobe illustrator adalah software desain berbasis vektir yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe system. Adobe illustrator pertama kali dibangun oleh Apple Macintosh pada 1986 (dipasarkan pada 1987) sebagai komersialiasi dari software pembuat font rumahan Adobe. Adobe illustrator tidak terpisahkan dengan AdobePhotoshop. Photoshop dipersiapkan untuk manipulasi foto digital dan illustrasi komputer, sementara illustrator ditunjukan untuk grafis dan desain logo.
  1. CorelDraw
CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 15 yang dinamai X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. Corel Draw pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi Corel Draw untuk Linux dan MacOS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. Versi Corel  DRAW X5 memiliki tampilan baru serta beberapa aplikasi baru yang tidak ada pada Corel DRAW versi sebelumnya. Beberapa aplikasi terbaru yang ada, diantaranya Quick Start, Table, Smart Drawing Tool, Save as Template, dan lain sebagainya.
  1. Kanvas ACD
Kanvas ACD adalah sebuahgambar grafis teknisdan umum, pencitraan, danpenerbitan (cetak dan web) produk dari Sistem ACD untuk komputerpribadi.Versi saat ini adalah kanvas 12.Asal kanvas 'tanggal kembalike 1987. Ide asli untuk kanvas datangdari JorgeMiranda, salahsatu pendiri Deneba SystemsInc Miami Florida, untuk komputerApple Macintosh - bagiandari gelombang program yang membuat revolusidesktop publishing.
  1.  Creature House Expression
Creature House Expression sebuah editor grafis vektor awalnya dikembangkanolehHouse Creature di Hong Kong,kemudian Mimpi Ray, kemudian Fractal Desain Corporationdan kemudian MetaCreations sebagai pendamping untuk kemudian-Fraktal Desain / Painter MetaCreations. Pada saatitu, Creature Housemerupakan Hong Kong perangkatlunak independen studio. Ekspresi mencobauntuk menduplikasi UI Painter sebagai sedekatmungkin dan tersedia untuk Mac OS danWindows
  1. Deskripsi Zoner Draw 5.0
ZonerDraw 3 adalah program grafis yang ideal untukberbagai aplikasi. Gunakan untuk membuatbrosur kuat dan leaflet, serta ilustrasi untukdokumen, kartu nama, label harga, kop surat,kartu pos, tanda, cetak biru, kartu ucapan, danbanyak lagi. Salah satu fitur baru dari ZonerDraw 3 adalah kemampuan untuk membuatgrafis untuk presentasi internet, termasukanimasi vektor. Dengan Zoner Draw 3 tou'lldapat mengimpor DXF, ZBR, PCX, TIF, WPG,MAC, TGA, ICO, BMP, JPG, PNG atau format BMI,dan dokumen ekspor ke WMF, PS, PCX, TIF,WPG, MAC, TGA, BMP, JPG, PNG dan BMI.

 Animasi

  1. Macromedia Flash
Macromedia Flash adalah program yang sedang populer sekarang ini untuk membuat dan memanipulasi grafik dan animasi. Sekarang namanya adalah Adobe Flash, yang sebelumnya dikenal sebagai Macromedia Flash. Software ini adalah salah satu program yang paling umum digunakan untuk membuat halaman web animasi, video player dan aplikasi audio streaming. File flash berekstensi .SWF atau Shockwave Flash, meskipun banyak jenis file lainnya yang dapat dilihat atau dimanipulasi dengan software ini.

  1. AnimPixels
AnimPixels adalah perangkat lunak film animasi khusus dalam Isometric Pixel Art.. Menggunakan komponen film anda sendiri, atau download dari web, untuk membuat film animasi asli.

  1. Easy GIF Animator 5 pro
Easy GIF Animator 5 pro adalah software kuat namun sangat mudah untuk membuat dan mengedit gambar GIF animasi. Dengan animasi GIF editor sobat dapat dengan mudah membuat gambar animasi, banner dan tombol dalam waktu singkat. Sobat dapat menggunakan fitur-fitur khusus untuk menambahkan efek visual yang menakjubkan dan mempersiapkannya untuk dipublikasikan pada halaman web sobat. Easy GIF Animator 5 pro mendukung semua jenis animasi GIF dan menyediakan kompresi tinggi dan kualitas yang hebat untuk gambar GIF animasi. Untuk melengkapi semua ini, Easy GIF Animator 5 pro adalah yang terbaik sebagai animasi GIF editor saat ini.

  1. Alligator Flash Designer
Alligator Flash Designer adalah software animasi vektor berbasis snap. Menghasilkan grafik animasi kompleks dengan gambar, bentuk dan teks, menggunakan lebih dari 130 built-in efek animasi seperti Fade, Zoom, Putar, Fly dan banyak lagi. Ekspor Desainer Flash SWF file dalam format Macromedia Flash, dan kode HTML yang diperlukan untuk mengintegrasikan animasi dengan halaman Web Anda. Ini juga menawarkan perangkat pengeditan dasar untuk memodifikasi gambar apapun, mengubah ukurannya, menambahkan objek dll. dengan software ini kita lebih mudah untuk membuat animasi pada web dan banner.

  1. CoffeeCup GIF Animator
CoffeeCup GIF Animator membuat animasi untuk halaman web Anda dengan mudah. CoffeeCup GIF Animator dapat mengkonversi grafis JPEG dan BMP GIF secara otomatis, serta impor dan ekspor file AVI.


SUMBER :


Rabu, 04 Januari 2017

PENERAPAN E-LEARNING PADA BEBERAPA NEGARA



Penerapan E-Learning di Indonesia

Harus diakui bahwa pemanfaatan e-learning di Indonesia masih tertinggal bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Philippines dan Singapore atau bila dibandingkan dengan di negara-negara maju. Dikarenakan pengguna internet di Indonesia masih kecil. Di Indonesia, pengguna internet diperkirakan sebesar 7 juta atau sekitar 3 % dari jumlah penduduk. Dimana perkembangan internet yang cepat akan mempengaruhi berbagai kegiatan yang pada dasarnya akan memudahkan siapapun pengguna akses tersebut. Lalu, mengapa Indonesia masih tertinggal? Berbagai keterbatasan dan fasilitas berkembangnya internet di Indonesia belum seperti yang diharapkan.Walaupun jumlah pengguna internet maupun jumlah Internet domains di Indonesia naik secara tajam, namun pemanfaatan internet untuk pembelajaran masih terbatas. Padahal di negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia, internet dan fasilitas ICT sudah dimanfaatkan di sekolah sekolah lanjutan. Ini artinya tiap sekolah lanjutan sudah disedikan fasilitas komputer. Di Malaysia dikenal dengan istilah SMART School. Sekolah ini bekerjasama dengan Telekom Malaysia di mana dalam pelaksanaannya bukan saja sekolah memanfaatkan IT dan internet untuk keperluan proses belajar dan mengajar, tetapi juga dipakai untuk tujuan efisiensi manajemen pengelolaan pendidikan. Pejabat yang membidangi pendidikan baik di tingkat distrik, maupun di tingkat nasional dapat memonitor pelaksanaan dari proses belajar dan mengajar di sekolah secara lebih mudah. Selain keterbatasan dalam fasilitas, ada masalah lain yaitu cyberlaws di Indonesia yang hingga kini belum di sahkan. Lalu, harus juga diakui bahwa ketersediaan telepon dan listrik di daerah-daerah tertentu di Indonesia memang masih terbatas dan karenanya menghambat bertambahnya pengguna internet.

E-learning kini banyak digunakan oleh para penyelenggara pendidikan terbuka dan jarak jauh. Kalau dahulu hanya Universitas Terbuka yang diijinkan menyelenggarakan pendidikan jarak jauh, maka kini dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.107/U/2001 (2 Juli 2001) tentang ‘Penyelenggaraan Program Pendidikan Tinggi Jarak Jauh’, maka perguruan tinggi tertentu yang mempunyai kapasitas menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh menggunakan e-learning, juga telah diijinkan menyelenggarakan-nya. Lembaga-lembaga pendidikan non-formal seperti kursus-kursus, juga telah memafaatkan keunggulan e-learning ini untuk program-programnya. Begitu pula halnya dengan Undang-Undang Pendidikan yang baru nanti, yang segera akan disahkan oleh DPR, juga akan mengatur penyelenggaraan pendidikan terbuka dan jarak jauh di Indonesia dengan menggunakan teknologi e-learning.





Penerapan E-Learning di Korea Selatan

Korea Selatan terus memantapkan posisi mereka sebagai kekuatan ekonomi di Asia. Banyak yang berasumsi bahwa faktor pendidikan menjadi motor penggerak kemajuan negeri ginseng tersebut. Hal tersebut memang sulit disangkal, namun ternyata ada faktor yang lebih esensial. Pada pertemuan Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) Education Forum yang saya ikuti pekan lalu di Busan, President APEC e-learning Traning Center Kim YoungHwan menyatakan bahwa rahasia keberhasilan negaranya adalah Public Private Partnership, alias kemitraan antara pemerintah, swasta dan masyarakat. Profesor pada Busan National University tersebut mengungkapkan, setelah merdeka dari Jepang pada tahun 1945, dan paska perang dengan Korea Utara pada tahun 1953, pemerintah mulai menata kehidupan sosial dan ekonomi.

Pada tahun 1970an, Park, Presiden Korea Selatan mengumpulkan para menteri dengan asosiasi pengusaha, pimpinan bank sentral, bankir, dan berbagai pimpinan perusahaan. Presiden Park lantas menegaskan bahwa untuk membangun ekonomi Korea Selatan, mereka harus menggenjot ekspor. Ia pun menanyakan apa saja kendala yang dialami para pengusaha. Saat itu, banyak pengusaha yang mengeluhkan lambannya birokrasi dalam merespon perizinan dan hal terkait usaha mereka. Presiden pun lantas meminta kepada menteri terkait untuk membereskan hal tersebut. Ia pun hanya memberi tenggat dua minggu untuk menuntaskan masalah itu.

Alhasil, secara berkelanjutan, kondisi bisnis di Korea Selatan berangsur membaik. Semangat para pengusaha pun menguar untuk membantu program pemerintah, terutama di bidang pendidikan. Mereka menyumbang dana untuk membangun sekolah, dan infrastruktur. Presiden pun membuat pertemuan bulanan secara rutin antara para menteri dengan kalangan pengusaha dan masyarakat.

Penerapan E-Learning di Thailand

Saat ini, perkembangan Internet menjadi mendunia, kecepatan tinggi, komunikasi multimedia telah memungkinkan pengembangan e-learning sebagai suatu yang efektif dalam mengajar dan belajar. Dan Sistem E-Learning mulai dipakai dan setiap negara-negara berkembang mulai memakai dan menerapkannya. Saya membahas seperti di Negara Thailand yang sekarang ini mulai mencoba mengembangkan sistem E-Learning di dalam setiap program pembelajaran. Namun di dalam penerapannya ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak masalah-masalah yang timbul dan harus segera di selesaikan. Seperti "KESIAPAN BISNIS", "KESIAPAN TEKNOLOGI", "PELATIHAN KESIAPAN PROSES", "KESIAPAN BUDAYA", KESIAPAN SUMBER DAYA MANUSIA", dan "KESIAPAN KEUANGAN". Semua masalah ini harus bisa diatasi oleh pemerintah Thailand jika mereka ingin menerapkan sistem E-Learning di negara mereka. Perlu bantuan dari semua kalangan agar dapat mendukung 100% jika ingin berhasil dengan stkses menerapkan sistem E-Learning.


Langkah awal yang perlu dilakukan oleh Pemerintah Thailand yaitu seperti memberikan lebih banyak kesempatan pendidikan bagi orang-orang Thailand suatu kebijakan penting pemerintah, luas dan sama-sama meningkatkan pengetahuan, baik di daerah perkotaan dan pedesaan, terlepas dari status ekonomi. Menciptakan lebih banyak pendidikan peluang akan mengurangi perbedaan antara tingkat pengetahuan penduduk. Dan yang terakhir yaitu mengembangkan faktor-faktor pendukung seperti,
Mengembangkan Jaringan Universitas (UNINET) IT
Mendukung produksi courseware
Mengembangkan Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS).
Mengembangkan e-library, e-komunitas dan belajar
Tidak itu saja yang perlu diperhatikan oleh pemerintah Thailand. Masih banyak yang perlu dipikirkan seperti dari segi:
·        Kebijakan : Bahwa seharusnya pemerintah Thailand harus secara 100% mendukung dalam memberikan kebijakan-kebijakan dalam mengembangkan sistem E-Learning di negara Thailand itu sendiri seperti memberikan berbagai dukungan di dalam menerapkannya.

·        Teknologi : Bahwa seharusnya Teknologi juga harus mendukung lebih. Tanpa teknologi yang memadai, sistem E-learning juga sulit untuk dikembangkan di suatu negara walaupun sudah berusaha semaksimal mungkin.

·        Keuangan : Bahwa seharusnya keuangan juga sangat berperan penting dalam mengembangkan sistem E-Learning. Karena tanpa keuangan yang baik, sistem E-learning tidak dapat berjalan karena mungkin biaya yang cukup mahal untuk kebutuhan menyiapkan infrastruktur seperti :Internet, hardware, software dan perangkat lainnya serta manusia sumber daya seperti dosen, dan teknisi.

·        Sumber Daya Manusia : Bahwa seharusnya sumber daya manusia juga harus mendukung seperti tersedia dosen-dosen dan pengajar yang terampil dalam menerapkan sistem E-Learning.

Dari masalah ini saya dapat menyimpulkan bahwa sebenarnya penerapan sistem E-Learning tidak mudah dan perlu beberapa waktu untuk menerapkannya. Semua perlu proses dan tidak bisa secara instan dan cepat. Dan sebenarnya Indonesiapun harus bisa mulai belajar untuk menerapkan sistem E-Learning di negara ini. Karena sistem E-Learning memberikan berbagai keuntungan dan manfaat yang dapat kita petik di kemudian hari. Dan seharusnya sejak saat ini Pemerintah juga mulai mengadopsi sistem E-Learning agar dapat kita pakai dalam proses pembelajaran agar Sumber daya Manusia di Indonesia bisa semakin maju dan baik. Dan Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah "Kapan Indonesia juga mau mencoba untuk menerapkannya?" Saya berharap agar Indonesia juga bisa menyusul negara Thailand agar Sistem Pembelajaran di Indonesia juga bisa berkembang dan maju seperti negara-negara yang maju lainnya.


Referensi