Kamis, 13 April 2017

PENGANTAR INKSCAPE


         1.      Definisi inkscape dan fungsinya
Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas di bawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.

Inkscape bersifat cross-platform dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya di bawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung di bawah Quartz), sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.
Inkscape sendiri dimulai pada tahun 2003 sebagai garpu kode proyek Sodipodi. Sodipodi, dikembangkan sejak tahun 1999, itu sendiri didasarkan pada Raph Levien Gill (Gnome Application Ilustrasi).
Garpu dipimpin oleh tim dari empat mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengidentifikasi perbedaan atas tujuan proyek, keterbukaan untuk pihak ketiga kontribusi, dan ketidaksepakatan teknis sebagai alasan mereka untuk forking. Dengan Inkscape, mereka mengatakan mereka akan memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG lengkap, sedangkan Sodipodi pengembangan menekankan menciptakan tujuan umum vektor editor grafis, mungkin dengan mengorbankan SVG.
Sejak tahun 2005, Inkscape telah berpartisipasi dalam Program Google Summer of Code. Sampai akhir November 2007, sistem pelacakan bug Inkscape yang diselenggarakan di Sourceforge. Setelah itu dipindahkan ke Launchpad.
Salah satu prioritas utama dari proyek Inkscape ini adalah antarmuka konsistensi dan kegunaan. Ini termasuk upaya untuk mengikuti pedoman GNOME antarmuka Manusia, aksesibilitas keyboard universal, dan nyaman di kanvas editing. Inkscape telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam kegunaan sejak proyek dimulai.
Jumlah kotak dialog mengambang telah berkurang, dengan fungsi yang tersedia dengan menggunakan cara pintas keyboard atau di toolbar tersedia pada jendela pengeditan. Kontrol tool bar di bagian atas jendela selalu menampilkan kontrol yang relevan dengan alat saat ini.

Semua transformasi vektor, skala, rotasi dan posisi memiliki cara cepat yaitu dengan pengubah yang konsisten, misalnya, Alt mengubah oleh 1 pixel screen pada saat zoom, Shift mengalikan transformasi dengan 10, dll), tombol ini bekerja pada node di Node tool serta pada objek dalam Selector Tool. Operasi yang paling umum (seperti transformasi, zooming, z-order) memiliki satu-tombol pintas yang mudah.
Setiap objek dalam gambar dapat dikenakan transformasi secara acak misalnya bergerak, berputar, scaling, skewing dan matriks. Parameter transformasi dapat juga ditentukan secara numerik melalui dialog Transform. Transformasi dapat di letakkan ke sudut, kotak, pedoman dan node dari objek lain. Grids, panduan dan sifat gertakan didefinisikan pada basis per-dokumen. Sebagai alternatif, sebuah Align dan dialog yang telah disediakan dapat melakukan tugas-tugas penyelarasan umum pada objek yang dipilih misalnya garis mereka dalam arah yang ditentukan, ruang mereka sama, menyerakkan mereka secara acak dan menghapus tumpang tindih antara objek.
Obyek dapat juga dapat dikelompokkan bersama. Kelompok benda berperilaku dalam banyak hal seperti objek “atom” misalnya, mereka dapat kloning atau diberi warna menggunakan cat. Benda yang membentuk kelompok dapat diedit tanpa harus ungroup terlebih dahulu, melalui perintah Enter Kelompok, yaitu kelompok yang kemudian dapat diedit seperti lapisan sementara. Z-urutan benda dapat dikelola baik dengan menggunakan lapisan, atau secara manual memindahkan objek ke atas dan ke bawah dalam tumpukan Z. Lapisan dapat dikunci atau disembunyikan, mencegah memodifikasi dan seleksi disengaja.
Sebuah alat khusus, membuat Klon Ubin misalnya, disediakan untuk membuat gambar simetris atau grid-seperti menggunakan simetri pesawat. Obyek dapat dipotong, disalin dan disisipkan menggunakan clipboard. Namun, pada versi 0.46, Inkscape menggunakan variabel internal daripada clipboard sistem, yang membatasi operasi copy dan paste ke salah satu contoh aplikasi. Obyek dapat disalin antara dokumen dengan membuka mereka dari menu File di jendela sudah dibuka, bukan dengan membuka file kedua dari shell sistem operasi.
2.     Bagian bagian pada inkscape
1.      Menu Bar
Menu bar berisi menu-menu untuk mengelola dokumen secara umum, seperti File →  Save untuk menyimpan dokumen dan File → Print untuk mencetak dokumen.


2.      Commands Bar
Commands bar berisi ikon-ikon yang merupakan shortcut untuk perintah-perintah pokok seperti print, open, save, dan sebagainya.


3.      Tool Controls Bar
Tool Controls Bar berisi ikon-ikon untuk memodifikasi objek, misalnya memutar dan
 mengatur ukuran atau tata letak urutan objek.


4.      Ruler
Ruler atau penggaris berfungsi untuk melihat dan memperkirakan ukuran gambar dalam satuan pixels.


5.      Scroll bar
Scrollbars berguna untuk menggulung layar dokumen atas-bawah dan kiri-kanan.


6.      Lembar Kerja
Lembar kerja merupakan tempat untuk meletakkan objek yang Anda buat.
7.      Palette

Palette berisi warna-warna yang dapat Anda gunakan untuk mewarnai objek. Bila Anda mengklik objek, kemudian mengklik warna yang Anda inginkan di Palette, maka warna objek tersebut akan berubah.



8.      Status Bar
Status bar dapat Anda gunakan untuk melihat status dokumen Inkscape yang sedang Anda buat. Pada Status bar tercantum informasi-informasi seperti warna objek dan posisi objek bila dilihat pada ukuran di ruler. Status bar dapat juga Anda gunakan untuk zooming (memperbesar-memperkecil) tampilan dokumen.
9.      Tool box
Toolbox berisi tool-tool yang sangat berguna dalam proses perencanaan dan perancangan suatu desain.


a.       Select and transform object
Memilih, mengubah ukuran, memutar, dan menggeser objek.


b.        Edit paths
Mengubah posisi titik node suatu objek hingga objek berubah bentuk.


c.       Tweak object
Mengubah bentuk objek dengan menarik bagian isi (fill) objek.
                       

d.       Zoom
Memperbesar atau memperkecil ukuran tampilan dokumen.


e.       Rectangle and Square
Menggambar bentuk objek kotak.


f.        3D Boxes                    
Menggambar bentuk objek kotak 3 dimensi.


g.       Circle, ellipses, and arcs
Menggambar bentuk objek lingkaran, setengah lingkaran.


h.       Stars and polygons
Menggambar bentuk objek bintang dan persegi banyak.


i.         Spirals
Menggambar bentuk objek spiral.

j.         Freehand lines
Menggambar bentuk objek bebas seperti menggambar dengan pensil.


k.       Bezier curves and straight lines
Menggambar bentuk objek dengan garis-garis yang saling terhubung.



l.         Calligraphic or brush strokes
Menggambar brntuk objek dengan efek highlight


m.     Text
Membuat teks/tulisan.



n.       Spray
Membuat duplikasi (mengkopi) objek yang disemprot


o.       Erase
Menghapus objek.


p.       Fill bounded areas
Memberikan warna ke isi objek.


q.       Gradients
Memberikan efek warna gradasi (perpaduan warna) ke isi objek.

r.        Pick colors from image
Mengambil warna-warna tertentu dari suatu gambar yang nantinya digunakan untuk memberi warna ke isi objek.


s.       Diagram connectors
Membuat garis penghubung dari satu objek ke objek lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar