1.
Definisi
inkscape dan fungsinya
Inkscape adalah sebuah perangkat
lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas di bawah lisensi GNU GPL.
Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang
memenuhi standar XML,
SVG, dan CSS.
Inkscape bersifat cross-platform dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya di bawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung di bawah Quartz), sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.
Inkscape sendiri dimulai pada tahun
2003 sebagai garpu kode proyek Sodipodi. Sodipodi, dikembangkan sejak tahun
1999, itu sendiri didasarkan pada Raph Levien Gill (Gnome Application
Ilustrasi).
Garpu dipimpin oleh tim dari empat
mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan
MenTaLguY) yang mengidentifikasi perbedaan atas tujuan proyek, keterbukaan
untuk pihak ketiga kontribusi, dan ketidaksepakatan teknis sebagai alasan
mereka untuk forking. Dengan Inkscape, mereka mengatakan mereka akan
memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG lengkap, sedangkan Sodipodi
pengembangan menekankan menciptakan tujuan umum vektor editor grafis, mungkin
dengan mengorbankan SVG.
Sejak tahun 2005, Inkscape telah berpartisipasi dalam Program Google Summer of Code. Sampai akhir November 2007, sistem pelacakan bug Inkscape yang diselenggarakan di Sourceforge. Setelah itu dipindahkan ke Launchpad.
Sejak tahun 2005, Inkscape telah berpartisipasi dalam Program Google Summer of Code. Sampai akhir November 2007, sistem pelacakan bug Inkscape yang diselenggarakan di Sourceforge. Setelah itu dipindahkan ke Launchpad.
Salah satu prioritas utama dari
proyek Inkscape ini adalah antarmuka konsistensi dan kegunaan. Ini termasuk
upaya untuk mengikuti pedoman GNOME antarmuka Manusia, aksesibilitas keyboard
universal, dan nyaman di kanvas editing. Inkscape telah mencapai kemajuan yang
signifikan dalam kegunaan sejak proyek dimulai.
Jumlah kotak dialog mengambang telah
berkurang, dengan fungsi yang tersedia dengan menggunakan cara pintas keyboard
atau di toolbar tersedia pada jendela pengeditan. Kontrol tool bar di
bagian atas jendela selalu menampilkan kontrol yang relevan dengan alat saat
ini.
Setiap objek dalam gambar dapat
dikenakan transformasi secara acak misalnya bergerak, berputar, scaling,
skewing dan matriks. Parameter transformasi dapat juga ditentukan secara
numerik melalui dialog Transform. Transformasi dapat di letakkan ke sudut,
kotak, pedoman dan node dari objek lain. Grids, panduan dan sifat gertakan
didefinisikan pada basis per-dokumen. Sebagai alternatif, sebuah Align dan
dialog yang telah disediakan dapat melakukan tugas-tugas penyelarasan umum pada
objek yang dipilih misalnya garis mereka dalam arah yang ditentukan, ruang
mereka sama, menyerakkan mereka secara acak dan menghapus tumpang tindih antara
objek.
Obyek dapat juga dapat dikelompokkan
bersama. Kelompok benda berperilaku dalam banyak hal seperti objek “atom”
misalnya, mereka dapat kloning atau diberi warna menggunakan cat. Benda yang
membentuk kelompok dapat diedit tanpa harus ungroup terlebih dahulu,
melalui perintah Enter Kelompok, yaitu kelompok yang kemudian dapat diedit
seperti lapisan sementara. Z-urutan benda dapat dikelola baik dengan
menggunakan lapisan, atau secara manual memindahkan objek ke atas dan ke bawah
dalam tumpukan Z. Lapisan dapat dikunci atau disembunyikan, mencegah
memodifikasi dan seleksi disengaja.
Sebuah alat khusus, membuat Klon Ubin
misalnya, disediakan untuk membuat gambar simetris atau grid-seperti
menggunakan simetri pesawat. Obyek dapat dipotong, disalin dan disisipkan
menggunakan clipboard. Namun, pada versi 0.46, Inkscape menggunakan variabel
internal daripada clipboard sistem, yang membatasi operasi copy dan paste ke
salah satu contoh aplikasi. Obyek dapat disalin antara dokumen dengan membuka
mereka dari menu File di jendela sudah dibuka, bukan dengan membuka file kedua
dari shell sistem operasi.
2. Bagian bagian pada inkscape
1.
Menu Bar
Menu bar
berisi menu-menu untuk mengelola dokumen secara umum, seperti File → Save untuk menyimpan dokumen dan File → Print
untuk mencetak dokumen.
2.
Commands Bar
Commands
bar berisi ikon-ikon yang merupakan shortcut untuk perintah-perintah pokok
seperti print, open, save, dan sebagainya.
3. Tool Controls
Bar
Tool
Controls Bar berisi ikon-ikon untuk memodifikasi objek, misalnya memutar dan
mengatur ukuran atau tata letak urutan objek.
4. Ruler
Ruler
atau penggaris berfungsi untuk melihat dan memperkirakan ukuran gambar dalam satuan pixels.
5.
Scroll bar
Scrollbars
berguna untuk menggulung layar dokumen atas-bawah dan kiri-kanan.
6.
Lembar Kerja
Lembar kerja
merupakan tempat untuk meletakkan objek yang Anda buat.
7.
Palette
Palette berisi warna-warna yang dapat Anda gunakan untuk mewarnai objek. Bila Anda mengklik objek, kemudian mengklik warna yang Anda inginkan di Palette, maka warna objek tersebut akan berubah.
8.
Status Bar
Status bar
dapat Anda gunakan untuk melihat status dokumen Inkscape yang sedang Anda buat.
Pada Status bar tercantum informasi-informasi seperti warna objek dan posisi
objek bila dilihat pada ukuran di ruler. Status bar dapat juga Anda gunakan
untuk zooming (memperbesar-memperkecil) tampilan dokumen.
9.
Tool box
Toolbox berisi
tool-tool yang sangat berguna dalam proses perencanaan dan perancangan suatu
desain.
a.
Select and transform object
Memilih,
mengubah ukuran, memutar, dan menggeser objek.
b.
Edit paths
Mengubah
posisi titik node suatu objek hingga objek berubah bentuk.
c.
Tweak object
Mengubah
bentuk objek dengan menarik bagian isi (fill) objek.
d.
Zoom
Memperbesar
atau memperkecil ukuran tampilan dokumen.
e.
Rectangle and Square
Menggambar
bentuk objek kotak.
f.
3D Boxes
Menggambar
bentuk objek kotak 3 dimensi.
g.
Circle, ellipses, and arcs
Menggambar
bentuk objek lingkaran, setengah lingkaran.
h.
Stars and polygons
Menggambar
bentuk objek bintang dan persegi banyak.
i.
Spirals
Menggambar
bentuk objek spiral.
j.
Freehand lines
Menggambar
bentuk objek bebas seperti menggambar dengan pensil.
k.
Bezier curves and straight lines
Menggambar
bentuk objek dengan garis-garis yang saling terhubung.
l.
Calligraphic or brush strokes
Menggambar
brntuk objek dengan efek highlight
m. Text
Membuat
teks/tulisan.
n.
Spray
Membuat
duplikasi (mengkopi) objek yang disemprot
o.
Erase
q.
Gradients
Memberikan
efek warna gradasi (perpaduan warna) ke isi objek.
r.
Pick colors from image
Mengambil
warna-warna tertentu dari suatu gambar yang nantinya digunakan untuk memberi
warna ke isi objek.
s.
Diagram connectors
Membuat garis penghubung
dari satu objek ke objek lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar